Soal UTS Manajemen Pemasaran


FE UI  - Program Ekstensi

UJIAN TENGAH SEMESTER
SEMESTER GASAL 2010/2011
Mata Kuliah          : Manajemen Pemasaran (Salemba dan Depok)
Hari/Tanggal         : Selasa, 19 Oktober 2010
Waktu                   : 150 Menit
Dosen                   : 
Sifat Ujian             :Tutup Buku
 

Soal 1
Organisasi / perusahaan yang berorientasi pada pemasaran pada hakekatnya menjalankan apa yang disebut sebagai “konsep pemasaran”.
a.       Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut di atas ?
b.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan “konsep pemasaran”.

Soal 2
Jelaskan tahapan-tahapan dalam proses manajemen pemasaran. Berikan secara sistematis dan komprehensif.

Soal 3
Sebelum sebuah perusahaan dapat membuat strategi pemasarannya, perusahaan tersebut harus mengevaluasi kondisi persainagan, kondisi internal perusahaan dan lingkungan eksternal (external market environment).Jelaskan elemen-elemen external market environment, serta berikan contoh.

Soal 4
a.       Konsumen dapat dibagi menjadi jenis kosumen bisnis (organizational consumers) dan konsumen akhir (final consumers). Jelaskan perbedaan antara kedua jenis konsumen tersebut.
b.      Sebutkan dan jelaskan empat factor yang mempengaruhi proses pembuatan keputusan konsumen (consumer decision process).

Soal 5
a.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan product ?
b.      Product dapat dibedakan menjadi barang (physical goods) atau jasa (service).
Berikan contoh masing-masing dan jelaskan apa saja perbedaan antara barang dan jasa tersebut.

Soal 6
Ada 4 tahapan dalam product life cycle (PLC). Gambarkan PLC tersebut dan jelaskan apa yang anda ketahui tentang empat tahapan tersebut.

0 comments:

Soal UAS Kombis 2008/2009

FEUI - Program Ekstension

UJIAN AKHIR SEMESTER
SEMESTER GASAL 2008/2009
Mata Kuliah        : Komunikasi Bisnis
Hari/Tanggal       : Jum’at, 19 Desember 2008
Waktu                   : 150 Menit
Dosen                   : Tim Pengajar Komunikasi Bisnis salemba dan Depok
Sifat Ujian           : Tutup Buku
 

Soal 1
a.       Membuat penulisan kadang harus disertai dengan penelitian terlebih dahulu.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan penelitian primer dan sekunder dan berikan contoh untuk masing-masingnya. Metode manakah yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu dan mengapa?
b.   Jelaskan perbedaan antara membuat ringkasan, menarik kesimpulan dan membuat rekomendasi dalam sebuah proyek penulisan !

Soal 2
a.       Analisis situasi : Membuat Pernyataan Tujuan Proposal
Asumsikan anda sebagai asisten manager penjualan disalah satu restoran/kafe di Jakarta dan telah terjadi penurunan penjualan selama tiga bulan berturut-turut pasca krisis keuangan Amerika serikat. Atasan anda tidak yakin apakah penurunan ini diakibatkan oleh penurunan daya beli konsumen akibat pengaruh krisis global yang di picu oleh krisis keuangan Amerika Serikat aau alasan lain yang belum diketahui. Ia meminta agar anda melakukan investigasi situasi dan men- submit proposal kepadanya dimana di dalam proposal tersebut menggambarkan sekilas beberapa kemungkinan penyebab penurunan penjualan. Tugas anda membuat beberapa pernyataan tujuan proposal tersebut (minimal 2 pernyataan tujuan).
b.      Mengorganisasikan Laporan : memilih pendekatan lansung atau tidak langsung.
   Untuk masing-masing scenario berikut, jelaskan alasan mengapa anda memilih pendekatan langsung atau tidak langsung :
  1. Laporan keuangan bulanan yang dibuat oleh Departemen akuntasi untuk Upper Management
  2. Seorang fresh graduate akutansi yang ingin membuat proposal cara baru untuk membuat laporan keuangan bulanan kepada Upper management.
  3. Laporan analitikal yang diminta oleh CEO, yang menjelaskan mengapa perusahaan mengalami kerugian di wilayah pemasaran Indonesia bagian timur selama dua tahun terakhir.
  4. Proposal kepada dewan direksi yang menjelaskan alasan mengapa perusahaan perlu mengembangkan strategi ekspansi ke pasar internasional. Dewan direksi telah menolak ide serupa yang dipresentasikan kurang baik tahun lalu oleh tim yang lain.
Soal 3
Review restoran :troubleshooting laporan dan makanan sebuah restoran.
Pilih restoran yang pernah anda kunjungi dalam 1-3 bulan terakhir dan anda diminta unuk melakukan evaluasi terhadap makanan dan operasional restoran tersebut. Tugas anda membuat srat pendek kepada pemilik restoran tersebut, yang menjelaskan :
a.    Apa yang anda lakukan dan apa yang anda observasi (bagian terpanjang dari laporan yang berisi deskripsi prinsip2 kegiatan di dalam (dapur) dan diluar (front office, toilet, dll) restoran, waktu untuk memesan dan menyiapkan makanan dan minuman yang dipesan, deskripsi makanan dan minuman dan jasa yang diberikan , ketertarikan anda terhadap dekorasi, pelayanan dan makanan).
b.      Pelanggaran peraturan yang anda lihat misalnya sikap pelayan yang kurang sopan, ruangan yang terlihat agak berdebu dan toilet yang kotor, dsb.
c.   Rekomendasi anda untuk perbaikan meliputi pertimbangan professional dan tindakan yang seharusnya dilakukan oleh pemilik untuk memperbaiki pelayanan restoran.

Soal 4
a.  Dalam menyelesaikan tugas ditempat kerja, sering kali anda diharuskan untuk memberi oresentasi. Kesempatan presentasi ini bisa menjadi saat yang menentukan bagi kesuksesan karir seseorang. Jelaskan mengapa demikian !
b.  Bila kita ingin supaya presentasi yang kita berikan efektif, disarankan agar sebelumnya kita membatasi cakupan presentasi kita (limit your scope). Jelaskan dua alasan mengapa menentukan batasan presentasi penting bagi efektivitas presentasi tersebut !

Soal 5
a.       Alat bantu visual dapat meningkatkan dampak komunikasi dari tulisan.
Setujukah saudara dengan pernyataan tersebut?Mengapa ?
b.   Selain mempersiapkan slides, seorang presentator sering kali juga harus mempersiapkan handout yang akan dibagikan kepada audiens. Jelaskan materi-materi apa saja yang bisa dimasukkan dalam handout selain copy dari slide presentasi !

0 comments:

UTS Komunikasi Bisnis


FE UI-Program Ekstensi

UJIAN TENGAH SEMESTER
SEMESTER GASAL 2008/2009

Mata Kuliah        : Komunikasi bisnis
Hari/Tanggal       : Rabu, 29 Oktober 2008
Waktu                   : 150 Menit
Dosen                   : Tim Pengajar Komunikasi Bisnis Salemba dan Depok
Sifat Ujian           : Tutup buku
 

Soal 1
           
a.       Seseorang bisa saja memiliki ide yang luar biasa bagus, namun itu tidak akan berarti apa-apa bagi karirnya ataupun perusahaan tempatnya bekerja jika ia tidak dapat menyampaikan ide tersebut dengan jelas dan persuasive. Untuk itu, jelaskan lima karakteristik dari komunikasi yang efektif.
b.      Dalam berkomunikasi bisnis, etika harus di  utamakan . Menurut saudara, apa yang dimaksud dengan ethical communications? Apa pula yang membedakan antara ethical dilemma dengan ethical lapse, sertakan contohnya.

Soal 2

a.       Sebagai pebisnis , bekerja dalam tim merupaka hal yang tak terelakkan. Jelaskan apa saja keuntungan dan kelemahan dari bekerja bersama tim.
b.      Pebisnis saat ini sering melakukan transaksi lintas budaya, sehingga keterampilan lintas budaya menjadi sangat dibutuhkan. Jelaskan pentingnya memahami variasi budaya dan uraikan empat kategori yang terdapat dalam perbedaan budaya tersebut.

Soal 3

a.       Dalam menyusun pesan-pesan bisnis, ada tiga tahap yang diperlukan agar pesan tersebut efektif , yaitu planning, writing dan completing. Salah satu tugas yang harus dilakukan dalam tahap planning adalah memilih media yang paling tepat untuk menyampaikan pesan. Jelaskan faktor-faktor apa saja yang harus dipertimbangkan seorang penyampai pesan dalam memilih media yang digunakan agar pesannya efektif.
b.      Dalam tahap writing, seorang penyampai pesan disarankan menggunakan “you” attitude. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “you” attitude dan mengapa hal ini penting agar pesan yang disampaikan menjadi efektif. 



Soal 4
Dalam menjalankan komunikasi bisnis terkadang pelaku bisnis juga harus menyampaikan surat yang pesannya berisi informasi yang negatif. Namun sebagai pelaku bisnis yang baik dam berkomunikasi, mereka dituntut untuk menyampaikan informasi yang negative tersebut melalui media dan pendekatan yang terbaik sehingga menimbulkan kesan yang baik dan positif baik bagi pengirim maupun penerima pesan. Pada lampiran soal terdapat contoh dua buah surat penolakan lamaran pekerjaan disampaikan oleh Direktur SDM Earns & Young, Roberto Carlos kepada seorang pelamar, Mario Lopez melalui e-mail.
a.       Bandingkan dua surat penolakan lamaran pekerjaan tersebut (pesan 1 dan pesan 2).
Mana surat yang efektif dan surat yang tidak efektif. Berikan penjelasan!
b.      Dalam komunikasi bisnis , ketika menyampaikan pesan negative kepada kliennya, pelaku bisnis yang baik harus tahu kapan saat ia menggunakan pendekatanlangsung  (direct) dan kapan saat ia menggunakan pendekatan tidak langsung (inderect). Sebutkan alasan mengapa pengirim pesan sebaiknya menggunakan pendekatan direct dan indirect dalam menyampaikan pesan negative.


Soal 5

1 comments:

Soal UTS Kewirausahaan

FE UI - Program Ekstensi

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2011/2012

Mata kuliah        : KEWIRAUSAHAAN
Sifat                       : Tutup buku
Waktu                   : 150 Menit

Soal 1 (20%)
a). apa yang dimaksud dengan entrepreneurial economy dan mengapa fenomena entrepreneurship dikatakan sebagai pemicu “creative destruction” ?
b).Bagaimana cara menumbuhkan keterampilan berfikir kreatif yang menjadi modal entrepreneur?
c). Apa saja metode berfikir kreatif yang biasa dilakukan oleh para wirausaha sehingga dapat melahirkan produk-produk inovatif ?berikan contoh orisinil anda.

Soal 2 (20%)

a). jelaskan apa saja yang membedakan / menjadi cirimenonjol antara seorang wirausaha dengan bukan wirausaha (misal: pegawai atau manajer tradisional).
b). jelaskan bagaimana mindset entrepreneur dan bagaimana cara membangun mindset entrepreneur tersebut pada diri kita ?
c). Apa alasan /dorongan /motivasi penting seseorang menjadi wirausaha. Jelaskan dengan menggunakan Teori Life path Change bagaimana terbentuknya wirausaha ?

Soal 3 (20%)

a). bagaimana kontribusi UKM Indonesia dalam perekonomian Indonesia ? apakah kontribusi tersebut mencerminkan bahwa para pelaku UKM kita sudah berciri wirausaha ?
b). Berikan penjelasan apa yang melatar belakangi kondisi tersebut ?

Soal 4 (50%)

Berdasarkan project doing business yang anda kerjakan bersama kelompok .
a). Bagaimana cara anda menguji kelayakan gagasan bisnis tersebut sehingga anda anggap/nilai layak baik secara technical feasibility maupun marketability-nya ?
b). Persiapan apa saja yang harus dipikirkan /dilakukan sebelum memulai menjalankan bisnis agar seorang entrepreneur dapat bertahan di awal bisnisnya ?
c). Pelajaran pentingapa dalam simulasi startup bisnis (dengan menggunakan program terpadu Excel ) yang dapat anda terapkan ?
d). Apa saja kriteriakelayakan ekonomis suatu usaha yang biasa digunakan /dituntut oleh pihak investor?

0 comments:

UAS Manajemen Keuangan 2011-2012


1.      ( Bobot 25% )
Precise machinery sedang menganalisis sebuah proyek yang dusulkan.Perusahaan mengharapkan untuk menjual 2.100 unit, dengan rentang plus atau minus 5 persen.Biaya variable per unit yang diharapkan adalah $260 dan biaya tetap yang diharapkan $589.000.Estimasi kedua jenis biaya tersebut dianggap akurat dalam kisaran 4 persen plus atau minus.Beban penyusutan adalah $129.000. Harga penjualan diperkirakan pada  $750 per unit, dengan rentang plus atau minus 2 persen. Tarip pajak adalah 35%.
a.       Hitung besarnya sales revenue berdasarkan scenario terburuk.
b.      Hitung besarnya contribution margin per unit berdasarkan scenario terbaik.
c.       Hitung besarnya total cost per unit berdasarkan scenario terburuk.
d.      Jika diasumsikan estimasi harga $755 dan variable lain di anggap tetap, hitung besarnya operating cash flow pada kondisi ini.
e.      Jika diasumsikan biaya tetap sebesar $590.000 dan variable lain dianggap tetap, hitung besarnya operating cash flow pada kondisi ini.

2.      ( Bobot 25 % )
Sekelompok mantan direksi BUMN berencana mendirikan sebuah perusahaan manufaktur. Perusahaan tersebut akan menghasilkan perlengkapan kantor. Terdapat 2 alternatif pendanaan. Rencana A, yakni menggunakan modal (equity) seluruhnya. Untuk itu akan dikeluarkan  1 juta lembar biasa dengan harga $20 per lembar. Rencana B, menggunakan financial leverage , yakni dengan mengeluarkan obligasi sebesar 10% dan besarnya dana yang dipinjam adalah $6.000.000. Tingkat pajak yang berlaku adalah 50%.
a.       Tentukan tingkat Indefferent EBIT untuk ke 2 alternatif pendanaan tersebut.
b.      Buktikan bahwa EPS untuk ke 2 alternatif tersebut adalah sama pada tingkat Indefferent EBIT.
c.       Buat grafik analisa EBIT – EPS untuk situasi ini ( buat sebaik mungkin, jangan asal-asalan).
d.      Jika diperkirakan / diproyeksikan bahwa tingkat EBIT mendekati $ 2.400.000, manakah alternative pendanaan yang menghasilkan EPS yang lebih tinggi ?
e.      Terkait dengan soal (d), jika diketahui bahwa PER untuk rencana  A adalah 10 dan PER untuk rencana (b) adalah 12, manakah alternative pendanaan yang dipilih ?

3.      ( Bobot 25% )
Sebuah perusahaan memerlukan dana sebesar Rp 6 Milyar dan merencanakan untuk tetap mempertahankan struktur modalnya. Kebutuhan dana akan diperoleh dengan bauran sebagai berikut (dalam jutaan rupiah):

                Obligasi                              Rp. 3.000                                             
                Saham preferen                   Rp.    300                                             
                Saham Biasa                       Rp. 2.700
                                                          Rp. 6.000

Saham biasa memiliki harga pasar sebesar Rp. 3.300. Floatation cost sebesar Rp. 300. Akhir tahun diperkirakan dividen sebesar Rp. 300 dan diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 3% per tahunnya.

Perusahaan berencana menerbitkan saham preferen dengan nilai nominal Rp. 800.000 dan tingkat dividen sebesar 11% . Harga pasar Rp. 776.000 namun perusahaan harus membayar floatation cost sebesar 5% dari harga pasar, jadi harga bersih yang diterima perusahaan adalah Rp. 737.200 per lembar.

Perusahaan juga merencanakan menerbitkan obligasi dengan harga pasar sama dengan nilai nominal yaitu Rp. 100.000.000 dan tingkat Bunga kupon     10%, secara tahunan dengan jangka waktu 4 tahun. Floatation cost sebesar Rp. 1.500.000. Tingkat pajak perusahaan 40%.

 4.      ( Bobot 25%)
Air spares adalah took grosir yang menyimpan stok komponen mesin pesawat terbang komersial. Pelanggan baru telah memesan 8 unit mesin turbin High-bypass,yang meningkatkan efisiensi bahan bakar. Biaya variable adalah $1.7 juta per unit, dan harga kredit $1,8 juta per unit. Kredit diberikan untuk satu periode, dan berdasarkan pengalaman historis, 1 dari 200 pelanggan gagal bayar. Tingkat pengembalian yang disyaratkan sebesar 3 persen per periode.
a.   Dengan mengasumsikan ini adalah one-time sale, apakah sebaiknya pesanan tersebut di penuhi ?, Ingat bahwa pelanggan tidak akan membeli jika tidak memperoleh kredit.
b.      Berapa probabilitas gagal bayarbreak-even pada soal (a) agar NPV sama dengan nol.
c.       Misalkan pelanggan yang terbukti tidak gaagl bayar menjadi pelanggan yang berulang dan memesan sejumlah yang sama setiap periode untuk selamanya, lalu diasumsikan bahwa pelanggan berulang tersebut tidak pernah gagal bayar. Apakah sebaiknya pesanan tersebut dipenuhi ?
d.      Berapa probabilitas gagal bayarbreak-even agar NPV sama dengan nol.

0 comments: