Soal UTS Keuangan Perusahaan 2011/2012

event promotion

UJIAN TENGAH SEMESTER
Keuangan Perusahaan


SOAL Keuangan Perusahaan - 1
Jelaskan perbedaan mendasar antara entrepreneurial finance dan corporate finance terkait:
a.    Keterkaitan antara keputusan investasi dan pembiayaan
b.    Keberadaan agency problem
c.     Fokus dalam memaksimalkan nilai sebagai tujuan bisnis
d.    Peranan konsep “panen” dalam valuasi dan keputusan investasi
e.    Peluang dan keterbatasan mengeksekusi “real option

SOAL Keuangan Perusahaan - 2
Apa perbedaan mendasar antara strategic plan dan business plan terkait fokus dan cakupannya? Bagaimana agar strategic plan sejalan dengan business plan? Lantas, apapula keterkaitannya dengan feasibility study?

SOAL Keuangan Perusahaan - 3
a.  Anda sedang mempertimbangkan investasi pada suatu bisnis yang membutuhkan modal awal sebesar Rp 3.8 Milyar. Anda tidak dapat menentukan secara pasti kondisi permintaan di masa mendatang, namun Anda dapat memperkirakan probabilitas permintaan akan tinggi, sedang dan rendah. Diperkirakan probabilitas permintaan tinggi adalah sebesar 25%, probabilitas permintaan sedang sebesar 45%, dan probabilitas permintaan rendah sebesar 30%. Pada saat permintaan tinggi, invenstasi diekspektasikan akan menghasilkan present value cash flow sebesar Rp. 4.6 Milyar, saat permintaan sedang, investasikan diekspektasikan akan menghasilkan present value cash flow sebesar Rp 3.5 milyar; dan pada saat permintaan rendah, investasi diekspektasikan akan menghasilkan present value cash flow sebesar Rp. 2.7 Milyar. Berapakah Net Present Value (NPV) dari investasi tersebut? Berdasarkan hasil perhitungan NPV, apakah Anda akan menerima atau menolah bisnis ini?
b. Terkait dengan pertanyaan pada poin (a), jika bisnis tersebut dilikuidasi, maka nilai pasar dari asetnya adalah sebesar Rp. 3.7 Milyar. Buatlah pohon keputusan yang menggambarkan opsi untuk meninggalkan (abandonment option). Berapakah net present value jika Anda mempertimbangkan abandontment option? Berapakah nilai dari abandonment option?

SOAL Keuangan Perusahaan - 4
Jelaskan pengertian anda terhadap modal kerja, kita mengenal modal kerja bersih (net working capital). Kalau ada modal kerja bersih, berarti ada modal kerja kotor.
a.  Jelaskan kedua pengertian modal kerja tersebut
b.  Dilaporan keuangan manakah Anda dapat menemukan modal kerja?
c.   Jelaskan pula komponen modal kerja selengkapnya,
d. Mengapa komponen modal kerja tersebut muncul. Kebijakan manajemen perusahaan seperti apakah yang akan mempengaruhi besarnya kebutuhan modal kerja (pembahasan dilakukan terhadap setiap komponen modal kerja tersebut).
e.   Jelaskan bagaimana pendanaan modal kerja?

SOAL Keuangan Perusahaan - 5
Dengan metoda sustainable Growth Rate (SGR), pemenuhan financial needs yang diperlukan dikategorikan sebagai spontaneous financing. Namun jika target sales growth lebih besar dari SGR, maka pemenuhan financial needs yang dibutuhkan dikategorikan sebagai discretionary financing.
Jelaskan pernyataan tersebut di atas secara komplit dan utuh!

Soal Tambahan
Buat format Laporan Keuangan Usaha Manufaktur
a.    HPP
b.    Laporan Laba Rugi
c.     Laporan Cash Flow (Direct Method)
d.    Neraca
e.    Free Cash Flow (untuk menghitung NPV)

0 comments: