UTS Komunikasi Bisnis


FE UI-Program Ekstensi

UJIAN TENGAH SEMESTER
SEMESTER GASAL 2008/2009

Mata Kuliah        : Komunikasi bisnis
Hari/Tanggal       : Rabu, 29 Oktober 2008
Waktu                   : 150 Menit
Dosen                   : Tim Pengajar Komunikasi Bisnis Salemba dan Depok
Sifat Ujian           : Tutup buku
 

Soal 1
           
a.       Seseorang bisa saja memiliki ide yang luar biasa bagus, namun itu tidak akan berarti apa-apa bagi karirnya ataupun perusahaan tempatnya bekerja jika ia tidak dapat menyampaikan ide tersebut dengan jelas dan persuasive. Untuk itu, jelaskan lima karakteristik dari komunikasi yang efektif.
b.      Dalam berkomunikasi bisnis, etika harus di  utamakan . Menurut saudara, apa yang dimaksud dengan ethical communications? Apa pula yang membedakan antara ethical dilemma dengan ethical lapse, sertakan contohnya.

Soal 2

a.       Sebagai pebisnis , bekerja dalam tim merupaka hal yang tak terelakkan. Jelaskan apa saja keuntungan dan kelemahan dari bekerja bersama tim.
b.      Pebisnis saat ini sering melakukan transaksi lintas budaya, sehingga keterampilan lintas budaya menjadi sangat dibutuhkan. Jelaskan pentingnya memahami variasi budaya dan uraikan empat kategori yang terdapat dalam perbedaan budaya tersebut.

Soal 3

a.       Dalam menyusun pesan-pesan bisnis, ada tiga tahap yang diperlukan agar pesan tersebut efektif , yaitu planning, writing dan completing. Salah satu tugas yang harus dilakukan dalam tahap planning adalah memilih media yang paling tepat untuk menyampaikan pesan. Jelaskan faktor-faktor apa saja yang harus dipertimbangkan seorang penyampai pesan dalam memilih media yang digunakan agar pesannya efektif.
b.      Dalam tahap writing, seorang penyampai pesan disarankan menggunakan “you” attitude. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “you” attitude dan mengapa hal ini penting agar pesan yang disampaikan menjadi efektif. 



Soal 4
Dalam menjalankan komunikasi bisnis terkadang pelaku bisnis juga harus menyampaikan surat yang pesannya berisi informasi yang negatif. Namun sebagai pelaku bisnis yang baik dam berkomunikasi, mereka dituntut untuk menyampaikan informasi yang negative tersebut melalui media dan pendekatan yang terbaik sehingga menimbulkan kesan yang baik dan positif baik bagi pengirim maupun penerima pesan. Pada lampiran soal terdapat contoh dua buah surat penolakan lamaran pekerjaan disampaikan oleh Direktur SDM Earns & Young, Roberto Carlos kepada seorang pelamar, Mario Lopez melalui e-mail.
a.       Bandingkan dua surat penolakan lamaran pekerjaan tersebut (pesan 1 dan pesan 2).
Mana surat yang efektif dan surat yang tidak efektif. Berikan penjelasan!
b.      Dalam komunikasi bisnis , ketika menyampaikan pesan negative kepada kliennya, pelaku bisnis yang baik harus tahu kapan saat ia menggunakan pendekatanlangsung  (direct) dan kapan saat ia menggunakan pendekatan tidak langsung (inderect). Sebutkan alasan mengapa pengirim pesan sebaiknya menggunakan pendekatan direct dan indirect dalam menyampaikan pesan negative.


Soal 5



Expressive e-mail yang menunjukan ketidakpuasan.
a.    Pernahkah anda atau perusahaan dimana tempat anda bekerja mendapatkan suatu pengalaman yang benar-benar tidak memuaskan ketika anda atau perusahaan anda membeli sebuah produk atau jasa dan menggunakannya. Dan sekali lagi sebagai pelaku bisnis yang baik , dalam berkomunikasi anda dituntut dapat menyampaikan pesan ekspresi ketidakpuasan anda dengan cara yang baik sehingga menimbulkan kesan yang baik dan positif bagi kedua belah pihak. Buatlah sebuah e-mail yang persuasif tentang ekspresi ketidakpuasan anda pada suatu kasus tertentu. Spesifikasikan yang anda inginkan bagi pembaca e-mail anda.
b.      Dalam komunikasi bisnis terkadang perusahaan mengalami suatu peristiwa yang menuntut pihak perusahaan untuk menyampaikan permohonan maaf kepada kliennya, namun ada pihak-pihak yang pro dan kontra terhadap perlunya pernyataan permohonan maaf yang disampaikan oleh pihak perusahaan tersebut kepada kliennya.
Menurut anda apakah pihak perusahaaan perlu membuat surat permohonan maaf secara langsung kepada kliennya apabila memang pihak perusahaan yang bersalah yang terkadang pesan tersebut harus disampaikan dalam kolom surat pembaca pada surat kabar? Jelaskkan pendapat anda.





Lampiran soal (untuk menjawab soal 4)
Dear Mr. Lopez
We were so impressed with your resume and credentials. Your academic record and previous accounting experience are just what we were hoping to see. We just didn’t expect to see such sterling qualifications in so many candidates. As you can imagine, wih 30 applicants for this position, the selection process was quite difficult.
After much consideration, we were able to narrow down the choices to three, one of which was you. However, I’m sorry to say that you were not chosen to fill the tax accounting position.
If you wouldn’t mind, we would like to keep your information on file for six months, on the off chance that another position might open up before you find another position.
Thank you for thinking of us
Sincerely
Roberto Carlos
Human Resource Director
Pesan 2
Dear Mr. Lopez
Thank you for considering E&Y as the place to launch your career in accounting.
In light of the reporting complexities now imposed on the accounting profession by IAI association and other recent legislation, the excecutive team has decided it would be wise to bolster our skill base with someone who has extensive industry experience. We have therefore filled the position with a more experienced candidate.
Your resume and credentials show you to be a deserving candidate for entry-level positions. Your academic record and previous work experience certainly indicate your willingness to work hard. Those of us who had the opportunity to talk with you believe that your ability to communicate will certainly help you achieve en excellent position in a recognized accounting firm.
In the meantime, we would like to keep your information on file for six months, in case a position requiring less experience opens up in the near future.
I wish you the best of luck as you begin your new career.
Sincerely
Roberto carlos
Human Resources Director

4 komentar: