Soal UTS Manajemen Pemasaran


FE UI  - Program Ekstensi

UJIAN TENGAH SEMESTER
SEMESTER GASAL 2010/2011
Mata Kuliah          : Manajemen Pemasaran (Salemba dan Depok)
Hari/Tanggal         : Selasa, 19 Oktober 2010
Waktu                   : 150 Menit
Dosen                   : 
Sifat Ujian             :Tutup Buku
 

Soal 1
Organisasi / perusahaan yang berorientasi pada pemasaran pada hakekatnya menjalankan apa yang disebut sebagai “konsep pemasaran”.
a.       Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut di atas ?
b.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan “konsep pemasaran”.

Soal 2
Jelaskan tahapan-tahapan dalam proses manajemen pemasaran. Berikan secara sistematis dan komprehensif.

Soal 3
Sebelum sebuah perusahaan dapat membuat strategi pemasarannya, perusahaan tersebut harus mengevaluasi kondisi persainagan, kondisi internal perusahaan dan lingkungan eksternal (external market environment).Jelaskan elemen-elemen external market environment, serta berikan contoh.

Soal 4
a.       Konsumen dapat dibagi menjadi jenis kosumen bisnis (organizational consumers) dan konsumen akhir (final consumers). Jelaskan perbedaan antara kedua jenis konsumen tersebut.
b.      Sebutkan dan jelaskan empat factor yang mempengaruhi proses pembuatan keputusan konsumen (consumer decision process).

Soal 5
a.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan product ?
b.      Product dapat dibedakan menjadi barang (physical goods) atau jasa (service).
Berikan contoh masing-masing dan jelaskan apa saja perbedaan antara barang dan jasa tersebut.

Soal 6
Ada 4 tahapan dalam product life cycle (PLC). Gambarkan PLC tersebut dan jelaskan apa yang anda ketahui tentang empat tahapan tersebut.

0 comments: