Soal UTS Manajemen Pemasaran
FE UI - Program Ekstensi
UJIAN TENGAH
SEMESTER
SEMESTER
GASAL 2010/2011
Mata
Kuliah : Manajemen Pemasaran (Salemba dan Depok)
Hari/Tanggal : Selasa, 19
Oktober 2010
Waktu : 150
Menit
Dosen :
Sifat
Ujian :Tutup Buku
Soal 1
Organisasi /
perusahaan yang berorientasi pada pemasaran pada hakekatnya menjalankan apa
yang disebut sebagai “konsep pemasaran”.
a.
Apa yang dimaksud dengan
pernyataan tersebut di atas ?
b.
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan “konsep pemasaran”.
Soal 2
Jelaskan
tahapan-tahapan dalam proses manajemen pemasaran. Berikan secara sistematis dan
komprehensif.
Soal 3
Sebelum sebuah
perusahaan dapat membuat strategi pemasarannya, perusahaan tersebut harus
mengevaluasi kondisi persainagan, kondisi internal perusahaan dan lingkungan
eksternal (external market environment).Jelaskan
elemen-elemen external market environment,
serta berikan contoh.
Soal 4
a.
Konsumen dapat dibagi menjadi
jenis kosumen bisnis (organizational
consumers) dan konsumen akhir (final
consumers). Jelaskan perbedaan antara kedua jenis konsumen tersebut.
b.
Sebutkan dan jelaskan empat
factor yang mempengaruhi proses pembuatan keputusan konsumen (consumer decision process).
Soal 5
a.
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan product ?
b.
Product dapat dibedakan menjadi barang (physical goods) atau jasa (service).
Berikan contoh masing-masing dan
jelaskan apa saja perbedaan antara barang dan jasa tersebut.
Soal 6
Ada 4 tahapan dalam product life cycle (PLC). Gambarkan PLC tersebut
dan jelaskan apa yang anda ketahui tentang empat tahapan tersebut.
0 comments: