UAS Manajemen Stratejik - 2011-2012 - cont


Soal 1.
a. Jelaskan inti dari "Business Strategy". Gambarkan bagan "Sources of distinctive competence at different stages of industrial evolution" dan jelaskan maknanya!
b. Jelaskan makna bagan "Grand Strategy Selection Matrix" dan "Model of Grand Strategy Clusters".
c. Uraikan pentingnya "Multibusiness Strategy" dan jelaskan apa nilai (value) dari Multibusiness Companies untuk pemegang saham dan perusahaan induk.
d. Uraikan makna bagan the "BCG Growth-Share Matrix"

Soal 2.
a. Uraikan pengertian "Functional Tactics".
b. Jelaskan "ORganizational Leadership" dan kompetensi apa saja yang harus dipunyai manajer.
c. Uraikan pengertian "Strategic Control".
d. Uraikan pengertian "Invention", "innovation", "entrepreneurship", "intrapreneurship", dan "intrapreneurship freedom factors".

Soal 3.

Bacalah penjelasan latar belakang soal berikut. Setelah itu, jawablah pertanyaan dan tugas yang harus dialakukan di Ujian ini (di butir 3.6).

3.1. Latar Belakang
Di Waipahu terdapat Danau Makili yang terletak di ketinggian 900m di atas permukaan air laut. Luas danau tersebut adalah sekitar 40 km2. Oleh Pemerintah Daerah, pengelolaan kegiatan kepariwisataan (rekreasi) di danau tersebut diserahkan kepada PT. Medanindo Rekrea Utama (MRU).

Perusahaan ini mengelola:
a. Sebuah hotel bintang tiga dengan 50 kamar, dimana terdapat kolam renang, restoran, dan berbagai fasilitas untuk rekreasi di danau (seperti Ski-Air, Perahu Motor dan Layar, Memancing, dsb).
b. Area Camping di "hutan" sekitar danau, luasnya 6 KM persegi.
c. Penyulingan air danau menjadi air bersih, baik untuk air ledeng maupun "air kemasan" (seperti Aqua).
d. Pembibitan ikan di danau.

Semua kegiatan di atas dikelola oleh Direksi PT. MRU.



3.2. Jumlah Karyawan PT. MRU
a. Hotel:
General Manager (1 orang)
Manager (1 orang)
Asisten Manager/Supervisor (2 orang)
Karyawan Pelaksana/Tata Usaha (5 orang)
Karyawan Dasar (12 orang)
Total Karyawan (21 orang)

b. Area Camping di "hutan" sekotar danau
Manager (1 orang)
Asisten Manager/Supervisor (1 orang)
Karyawan Pelaksana/Tata Usaha (2 orang)
Karyawan dasar (5 orang)
Total Karyawan (9 orang)

c. Penyulingan air danau
Manager (1 orang)
Asisten Manager/Supervisor (1 orang)
Karyawan Pelaksana/Tata Usaha (3 orang)
Karyawan Dasar (4 orang)
Total Karyawan (9 orang)

d. Pembibitan ikan di danau
Asisten Manager/Supervisor (0 orang)
Karyawan Pelaksana/Tata Usaha (1 orang)
Karyawan Dasar (4 orang)
Total Karyawan (5 orang)

3.3 Beberapa ketentuan Balas Jasa (Remunerasi)
a. Skala Gaji Karyawan (range, dalam ribuan rupiah)
General Manager (6.000 - 9.000)
Manager (4.000 - 6000)
Asisten Manager/Supervisor (2.500 - 4.000)
Karyawan Pelaksana/Tata Usaha (1.000 - 2.500)
Karyawan Dasar (500 - 1.000)

b. Tunjangan lembur hanya diberikan kepada Karyawan Pelaksana/Tata Usaha dan Karyawan Dasar. Sedang General Manager, Manager dan Asisten Manager/Supervisor tidak mendapat Tunjangan Lembur.

c. Karyawan, kecuali General Manager dan Manager, mendapat:
- Tunjangan Uang Makan harian sebesar Rp. 15.000,- per hari
- Tunjangan Uang Transport harian sebesar Rp. 15.000,- per hari
- Tunjangan Kesehatan Rp. 2.500.000,- per tahun

3.4. Permasalahan Direksi
a. Direksi merasa jumlah karyawan masih dibawah kebutuhan perusahaan. Karena itu ingin melakukan rekruitment karyawan baru, khususnya untuk meningkatkan pelayanan kepada "customer". Sekarang karena jumlah karyawan "terbatas", maka biaya Lembur bagi Karyawan Pelaksana/tata Usaha dan Karyawan Dasar menjadi tinggi.
b. Ketrampilan karyawan di keempat unit usaha masih kurang memadai.
c. Direksi ingin mempunyai Sistem Balas Jasa yang Kompetitif, khususnya untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan loyal.
d. Sehubungan dengan butir a, b, dan c di atas, maka Direksi mengalami kesulitan membuat Strategic Plan. Khususnya yang menyangkut: bidang SDM, operasional, pemasaran dan manajemen keuangan.

3.5 Tujuan Jangka Panjang yang ingin dicapai Direksi untuk akhir tahun 2016 : Return on Equity 50% lebih besar dari ROE akhir tahun 2011.


3.6 Tugas yang harus diselesaikan dalam ujian ini:
Saudara diminta membuat Rencana Strategis (Strategis Planning) PT. MRU untuk 5 (lima) tahun ke depan 2012-2016 (dapat membuat sendiri asumsi-asumsi lain yang belum ada di soal ini).

Rencana Strategis tersebut, minimum harus:

  • mengikuti metodologi dalam buku Pearce dan Robinson, Strategic Management, 2009, termasuk: Company Vision and Mission, External dan Internal Analysis, Strategic Analysis and Choice, Long-term Objectives (5 years) and Short-term Objectives (one year), dan Functional Tactics and Policies.
  • Memasukkan aspek: operasional, pemasaran, keuangan dan "manusia" (termasuk corporate culture) di perusahaan tersebut.
  • Menyusun Key Success Factors (KSF) utnuk mencapai tujuan jangka panjang dan pendek (mungkin bisa memakai Fish Bone Diagram), serta menjelaskan mengapa KSF yang dipilih. 
  • Meneliti KSF yang paling pareto untuk perusahaan tersebut
  • Membuat Action Plan tiap tahun bagi PT. MRU dan unit-unit bisnisnya.
  • Menentukan Strategic Control perusahaan tersebut. 
  • Mengusulkan Sistem Manajemen apa yang seyogyanya dipakai (termasuk Leadership Style) untuk PT. MRU.
--- o00o---

0 comments: