Soal UAS Kombis 2008/2009

FEUI - Program Ekstension

UJIAN AKHIR SEMESTER
SEMESTER GASAL 2008/2009
Mata Kuliah        : Komunikasi Bisnis
Hari/Tanggal       : Jum’at, 19 Desember 2008
Waktu                   : 150 Menit
Dosen                   : Tim Pengajar Komunikasi Bisnis salemba dan Depok
Sifat Ujian           : Tutup Buku
 

Soal 1
a.       Membuat penulisan kadang harus disertai dengan penelitian terlebih dahulu.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan penelitian primer dan sekunder dan berikan contoh untuk masing-masingnya. Metode manakah yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu dan mengapa?
b.   Jelaskan perbedaan antara membuat ringkasan, menarik kesimpulan dan membuat rekomendasi dalam sebuah proyek penulisan !

Soal 2
a.       Analisis situasi : Membuat Pernyataan Tujuan Proposal
Asumsikan anda sebagai asisten manager penjualan disalah satu restoran/kafe di Jakarta dan telah terjadi penurunan penjualan selama tiga bulan berturut-turut pasca krisis keuangan Amerika serikat. Atasan anda tidak yakin apakah penurunan ini diakibatkan oleh penurunan daya beli konsumen akibat pengaruh krisis global yang di picu oleh krisis keuangan Amerika Serikat aau alasan lain yang belum diketahui. Ia meminta agar anda melakukan investigasi situasi dan men- submit proposal kepadanya dimana di dalam proposal tersebut menggambarkan sekilas beberapa kemungkinan penyebab penurunan penjualan. Tugas anda membuat beberapa pernyataan tujuan proposal tersebut (minimal 2 pernyataan tujuan).
b.      Mengorganisasikan Laporan : memilih pendekatan lansung atau tidak langsung.
   Untuk masing-masing scenario berikut, jelaskan alasan mengapa anda memilih pendekatan langsung atau tidak langsung :
  1. Laporan keuangan bulanan yang dibuat oleh Departemen akuntasi untuk Upper Management
  2. Seorang fresh graduate akutansi yang ingin membuat proposal cara baru untuk membuat laporan keuangan bulanan kepada Upper management.
  3. Laporan analitikal yang diminta oleh CEO, yang menjelaskan mengapa perusahaan mengalami kerugian di wilayah pemasaran Indonesia bagian timur selama dua tahun terakhir.
  4. Proposal kepada dewan direksi yang menjelaskan alasan mengapa perusahaan perlu mengembangkan strategi ekspansi ke pasar internasional. Dewan direksi telah menolak ide serupa yang dipresentasikan kurang baik tahun lalu oleh tim yang lain.
Soal 3
Review restoran :troubleshooting laporan dan makanan sebuah restoran.
Pilih restoran yang pernah anda kunjungi dalam 1-3 bulan terakhir dan anda diminta unuk melakukan evaluasi terhadap makanan dan operasional restoran tersebut. Tugas anda membuat srat pendek kepada pemilik restoran tersebut, yang menjelaskan :
a.    Apa yang anda lakukan dan apa yang anda observasi (bagian terpanjang dari laporan yang berisi deskripsi prinsip2 kegiatan di dalam (dapur) dan diluar (front office, toilet, dll) restoran, waktu untuk memesan dan menyiapkan makanan dan minuman yang dipesan, deskripsi makanan dan minuman dan jasa yang diberikan , ketertarikan anda terhadap dekorasi, pelayanan dan makanan).
b.      Pelanggaran peraturan yang anda lihat misalnya sikap pelayan yang kurang sopan, ruangan yang terlihat agak berdebu dan toilet yang kotor, dsb.
c.   Rekomendasi anda untuk perbaikan meliputi pertimbangan professional dan tindakan yang seharusnya dilakukan oleh pemilik untuk memperbaiki pelayanan restoran.

Soal 4
a.  Dalam menyelesaikan tugas ditempat kerja, sering kali anda diharuskan untuk memberi oresentasi. Kesempatan presentasi ini bisa menjadi saat yang menentukan bagi kesuksesan karir seseorang. Jelaskan mengapa demikian !
b.  Bila kita ingin supaya presentasi yang kita berikan efektif, disarankan agar sebelumnya kita membatasi cakupan presentasi kita (limit your scope). Jelaskan dua alasan mengapa menentukan batasan presentasi penting bagi efektivitas presentasi tersebut !

Soal 5
a.       Alat bantu visual dapat meningkatkan dampak komunikasi dari tulisan.
Setujukah saudara dengan pernyataan tersebut?Mengapa ?
b.   Selain mempersiapkan slides, seorang presentator sering kali juga harus mempersiapkan handout yang akan dibagikan kepada audiens. Jelaskan materi-materi apa saja yang bisa dimasukkan dalam handout selain copy dari slide presentasi !

2 komentar: